Sunday, March 3, 2013

Genggam Dunia dengan Ilmu Pengetahuan

Dalam kehidupan ini sebenarnya adalah sebuah rangkaian ilmu pengetahuan dan kita dituntut untuk memecahkannya.

Ilmu adalah metode atau cara untuk kita dapat mempelajari dan menguasai suatu aspek. Sedangkan pengetahuan adalah semua hal yang dapat menjadikan kita melihat semua aspek tentang kehidupan.

Setiap manusia mempunyai kemampuan yang berbeda dalam menangkap dan menguasai sebuah ilmu. Agar dapat menguasai ilmu kita harus terus berusaha. Salah satunya lewat pendidikan, baik in formal (keluarga), formal (sekolah), ataupun non formal (lingkungan).

Pendidikan sebagai Pegangan Utama

In Formal, dalam keluarga kita mendapatkan banyak pelajaran tentang kehidupan dan ilmu untuk modal terjun ke lingkungan yang lebih luas.

Formal, pendidikan formal adalah pendidikan yang paling utama. Tujuan dari pendidikan formal adalah selembar ijasah.

Dengan ijasah semua ilmu pengetahuan dan keterampilan yang kita miliki dapat diakui oleh pemerintah dan masyrakat luas. Untuk dapat bekerja dengan baik kita memerlukan ijasah, walaupun kita mempunyai kemempuan yang sangat kompeten dan ahli tanpa didampingi ijsah semua itu tidak ada gunanya.

Selain ijazah, dalam pendidikan formal kita dilatih untuk disiplin dalam segala hal dan dapat membentuk kepribadian yang baik.

Non Formal, Dalam pendidikan non formal kita memperoleh banyak hal tentang bersosialisai dengan masyarakat

Mengaplikasikan Skil dengan Baik

Walaupun kita sudah menguasai 3 macam pendidikan di atas kita belum sepenuhnya bisa mencapai cita-cita kita tanpa mengaplikasikan kemampun kita ke masyarakat dengan baik.

Dalam kenyataan di Negara kita ini, pendidikan formal hanya dijadikan tempat untuk memelas selembar kertas tanpa memahami maksud belajar itu sendiri. Padahal dalam mendapatkannya tidaklah mudah, kita harus menyiapkan mental bahkan materi.

Oleh karena itu, kita harus mempersiapkan bekal diri hingga kita mampu untuk terjun dan mengaplikasikan ilmu kita kepada masyarakat luas.

Dan pada akhirnya, jika kita dapat menguasai kedua aspek tersebutmaka setidaknya hal tersebut dapat menjadi modal yang sangat penting dalam kehidupan kita.

Manusia seutuhnya adalah manusia yang dapat menguasi empat yaitu kognitif, afektif, dan psikomotorik. serta konatif. Maka jadilah manusia yang seutuhnya untuk kehidupan yang lebih baik.

Ditulis Oleh : Unknown // 10:00 PM
Kategori:

0 comments:

Post a Comment

 
Umar Al Faruq. Powered by Blogger.