Sunday, March 3, 2013

Man Jadda Wa Jadda

 Man Jadda Wa Jadda

Dalam menitih ilmu, sudahkah anda mempunyai pedoman? Sudahkah anda berpegang pada satu pegangan? Pedoman sangat penting dalam menempuh kehidupan khususnya dalam pendidikan.

Man Jadda Wa Jadda salah satunya, hadits Nabi yang mempunyai arti “ Siapa yang bersungguh-sungguh dia akan mendapatkannya “. Jadi jelas siapun orangnya, miskin atau kaya, dari desa atau kota, jika bersungguh-sungguh dia pasti bisa mendapatkan apa yang dia cita-citakan.

Man Jadda Wa Jadda bisa kita jadikan pegangan dalam mendesain, meraih, dan mengekspresikan cita-cita kita.

Mendesain bukan berarti kita menggambar suatu pola diatas kanvas, tapi mempersiapkan diri kita menuju apa yang sudah kita cita-citakan. Contoh konkritnya adalah sekolah, di sekolah kita mendapatkan banyak bekal baik ilmu pengeahuan, mental, ataupun karakter diri inilah yang mampu menuntun kita dalam menggapai apa yang kita inginkan.

Meraih cita-cita berarti mendapatkan apa yang kita inginkan. Untuk meraihnya tidaklah mudah kita harus berusaha dengan sungguh dengan dibarengi do’a. Contoh usaha untuk meraihnya adalah dengan mengikuti lomba-lomba sesuai kemampuan kita, walaupun hasilnya tidak seperti yang diinginkan itu sudah cukup dibanding kita tidak mau mencoba. Dalam hal ini jangan anda sekali-kali mencoba untuk melakukan sesuatu hal yang diluar kemampuan kita karena dapat membuat kita merasa sangat kecewa jika hasil yang didapat nol.

Mengekspresikan apa yang kita dapat boleh-boleh saja, asal jangan sampai melampaui batas. Biasanya setelah mendapatkan suatu apa yang kita inginkan kita selalu lupa bersyukur dan malah sombong dengan hasil yang telah kita dapatkan. Padahal sebenarnya dengan kesombongan itu bisa membuat kita lebih hancur dan lebih hina. Maka dari itu sebaiknya kita mengekspresikannya dengan mensyukurinya lebih-lebih bisa mengamalkannya. Karena dengan mengamalkan ilmu yang kita miliki itu lebih dari sekedar cukup dari rasa bersyyukur kita dengan apa yang telah kita dapat.

Jadi untuk meraih semua apa yang kita inginkan dimulai dari niat kita dan kesungguhan kita dalam mencapai apa yang kita inginkan. Tidak ada yang tidak mungkin di dunia ini jika kita mau berusaha.

Ditulis Oleh : Unknown // 10:04 PM
Kategori:

0 comments:

Post a Comment

 
Umar Al Faruq. Powered by Blogger.